Pengertian membaca pemahaman

Posted by Pengertian Friday, January 18, 2013 0 komentar
Pengertian membaca pemahaman

Membaca pada hakikatnya adalah aktivitas yang melibatkan
banyak hal, tidak hanya melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan
aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif.1 Proses visual
membaca ialah proses menerjemahkan simbol tulis (huruf) ke dalam katakata
lisan. Pada proses berpikir, membaca mencakup aktivitas pengenalan
kata, pemahaman literal, interpretasi, membaca kritis, dan pemahaman
kreatif.
Tiga istilah yang merupakan komponen dasar dari proses
membaca, yaitu recording, decoding, dan meaning. Recording merujuk
pada kata-kata dan kalimat, kemudian diasosiasikan dengan bunyi-bunyi
yang sesuai dengan sistem tulisan, sedangkan proses decoding
(penyandian) merujuk pada proses penerjemahan rangkaian grafis ke
dalam kata- kata. Proses recording dan decoding biasanya berlangsung
pada kelas rendah, yaitu SD kelas (I, II, dan III) yang dikenal dengan
istilah membaca permulaan. Penekanan membaca pada tahap ini ialah
proses perceptual, yaitu pengenalan korespondensi rangkaian huruf
dengan bunyi-bunyi bahasa. Sementara itu proses memahami makna
(meaning) lebih ditekankan di kelas tinggi SD.
Di samping keterampilan decoding, pembaca juga harus memiliki
keterampilan memahami makna (meaning). Pemahaman bacaan
merupakan komponen penting dalam suatu aktivitas membaca, karena
pemahaman bacaan dapat meningkatkan keterampilan atau kepentingan
membaca maupun tujuan yang hendak dicapai. Pemahaman menurut
Mackey diartikan sebagai masalah penafsiran (interpretation) dan harapan
(expection), yaitu penafsiran terhadap apa yang diperoleh pembaca dari
tulisan dan harapan pembaca untuk menemukan dan menggunakan hal- hal
yang ditemukan dalam bacaan. Hal ini dapat dimaklumi karena
pemahaman merupakan esensi dari kegiatan membaca. Dengan demikian,
apabila seseorang yang melakukan aktivitas membaca dapat mengambil
pesan dari bacaan, maka proses tersebut dikatakan berhasil. Begitu pula
sebaliknya, apabila seseorang yang melakukan kegiatan membaca tetapi
belum dapat mengambil pesan yang disampaikan oleh penulis, maka
proses tersebut belum berhasil.
Membaca pemahaman menurut Tampubolon adalah kemampuan
memahami isi bacaan secara menyeluruh. Konsep pemahaman dalam
penelitian ini terkait erat dengan pemahaman terhadap bacaan atau
wacana.
Ahuja berpendapat membaca pemahaman adalah sebuah kemampuan
yang diperlukan bagi orang yang mau mencari informasi dari teks tertulis . Selain
itu membaca juga sebagai alat untuk belajar. Jadi membaca merupakan proses
belajar.
Goodman, dkk mengungkapkan bahwa membaca pemahaman merupakan
suatu proses merekonstruksi pesan yang terdapat dalam teks yang mana proses
merekonstruksi pesan itu berlapis, interaktif, dan terjadi proses-proses
pembentukan dan pengujian hipotesis.Artinya, pada saat membaca seseorang
melakukan proses penggalian pesan dari teks, berinteraksi dengan makna yang
terdapat di dalam teks tersebut, selanjutnya pembaca membuat dan menguji
hipotesis. Hasil dari pengujian hipotesis tersebut dijadikan dasar untuk menarik
simpulan.
Devine memberikan definisi membaca pemahaman adalah proses
menggunakan informasi sintaks, semantik, dan retoris yang terdapat dalam teks
tertulis yang tersusun dalam pikiran pembaca dengan menggunakan pengetahuan
umum yang dimiliki, kemampuan kognitif, dan penalaran. Selanjutnya pembaca
merumuskan hipotesis sebagai perwujudan dari pesan yang tersurat dari teks.
Definisi tersebut menjelaskan bahwa dalam memahami bacaan, pembaca
membangun pengetahuan baru dengan menghubungkan penalaran dan
pengetahuan yang telah diketahui.
Berdasarkan beberapa pendapat tokoh di atas dapat disimpulkan bahwa
membaca pemahaman adalah kemampuan untuk merekonstruksi pesan yang
terdapat dalam teks dan mengphubungkan pengetahuan- pengetahuan yang
dimiliki guna memahami informasi, ide pokok dan detail penting secara tepat

0 komentar:

Post a Comment