Pengertian Membaca Kritis

Posted by Pengertian Friday, January 18, 2013 0 komentar
Pengertian  Membaca Kritis

a.  Pengertian dan Tujuan
    Membaca kritis adalah membaca yang bertujuan untuk mengetahui fakta-fakta yang      terdapat dalam bacaan kemudian memberikan penilaian terhadap fakta itu. Agustina       (2008:124). Pembaca tidak hanya sekedar menyerap masalah yang ada, tetapi ia bersama-     penulis berpikir tentang masalah yang dibahas. Membaca kritis berarti harus membaca       secara analisis dan dengan penilaian.
    Dalam membaca kritis pembaca harus terbuka terhadap gagasan orang lain. Pembaca harus   mengikuti pikiran penulis secara tepat, akurat dan kritis. Akurat artinya dalam       hubungan relevansi, membedakan yang relevan dan yang tidak relevan atau tidak benar.     Kritis berarti menerima pikiran penulis dengan dasar yang baik, logis, benar atau     menurut realitas. Karena dalam membaca kritis membaca akan menganailis, membandingkan     dan menilai.


b. Kegiatan Dalam Membaca Kritis
   Ada tiga kegiatan yang terdapat dalam membaca kritis
  1. Membaca Dengan Berpikir
     Membaca hendaknya memikirkan persoalan-persoalan atau fakta-fakta yang ditampilkan      dalam bacaan. Pembaca memikirkan maksud dan tujuan penulis mengemukakan fakta-fakta      tersebut. Tujuan pembaca dengan cara berpikir ini supaya pembaca dapat menentukan      batasab-batasan dari persoalan-persoalan atau fakta-fakta yang dikemukakan oleh      pengarang
  2. Membaca Dengan Menganalisis
     Analisis merupakan kunci membaca kritis. Dengan menganalisis pembaca dapat      mengetahui apakah gagasan atau fakta-fakta yang dikemukakan pengarang sungguh di      sokong oleh detail-detail yang diberikannya atau tidak. Pembaca selanjutnya dengan      cara itu akan dapat memisah-misahkan mana detail-detail yang penting, mana detail      yang cocok dan detail yang tidak cocok.
  3. Membaca Dengan Penilaian
    Tugas pembaca kritis adalah menilai fakta atau pernyataan yang dapat menyokong     gagasan pokok yang dikemukakan. Pembaca harus sanggup menentukan apakah fakta yang     dibacanya ada hubungannya satu dengan yang lainnya atau mungkin pembaca nenemukan dua     atau lebih fakta yang seharusnya dipandang sebagai fakta yang terpisah. Akhirnya     pembaca menentukan penilaian terhadap fakta-fakta yang disajikan oleh penulis.

c.  Bahan-Bahan Membaca Kritis
     Bahan-bahan yang dibaca secara kritis meliputi hal-hal sebagai berikut.
1. Esai
2. Biografi dan autografi
3. Drama
4. Laporan-laporan yang bertentangan atau kesimpulan-kesimpulan yang berbeda dalam    lapangan sejarah, ekonomi, hukum dan politik
5. Peristiwa-peristiwa yang dijumpai dalam koran, majalah, propaganda dan lain-lain.
d. Teknik Membaca Kritis

    Menurut sudarso (1988:72) ada empat teknik yang dapat digunakan dalam membaca kritis.
1. Mengerti Isi Bacaan
    Mengenali fakta dan menginterprestasikan apa-apa saja yang dibaca dengan kata lain     mengerti ide pokok, mengetahui fakta penting dan dapat membuat kesimpulan serta     menginterprestasikan ide-ide tersebut. Fakta berguna untuk menambah informasi     sedangkan ide bermanfaat untuk menambah pemahaman. Mendapat informasi bertujuan     sekedar mengetahui sesuatu itu fakta sebaliknya pemahaman bertujuan mengetahui     segalanya tentang fakta..
2. Menguji Sumber Penulis
    Apakah penulis dapat dipercaya?. Kita harus mencari tahu kebenarannya misalnya     mengetahui di bidang apa penulis itu berkompeten, dalam hal ini termasuk uji     pandangan, tujuan dan asumsi penulis yang terdapat dalam tulisannya untuk membedakan     apakah tulisan itu fakta atau opini.
3. Interaksi Antara Penulis Dengan Pembaca
    Pembaca tidak hanya mengetahu maksud penulis tetapi juga membandingkan dengan     pengetahuan yang dimilikinya dari penulis-penulis lain. Pembaca juga perlu menilai     dan membandingkan isi bacaan dengan pengetahuan yang ada padanya
4. Terbuka Terhadap Gagasan Penulis
    Pembaca hendaknya menghargai pendapat yang dikemukakan oleh penulis kemudian pembaca     juga mengevaluasi teknik penulisannya. Akhirnya penulis mempertimbangkan dan     mengujinya alasannya dengan alasan yang logis dan interprestasi yang berdasar.

B.    PELATIHAN
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan membaca kritis menurut pendapat Anda!
2.    Jelaskanlah pengertian membaca kritis menurut Agustina!
3.    Apa saja yang dapat dijadikan sebagai bahan dalam membaca kritis
4.    Menurut pendapat Anda apakah karya sastra seperti novel dan cerpen dapat dijadikan       sebagai
       bahan dalam membaca kritis
5.    Jelaskanlah teknik-teknik membaca kritis?
6.    Jelaskanlah apa saja kegiatan yang dapat dilakukan dalam membaca kritis
7.    Dalam kegiatan membaca kritis dikatakan bahwa membaca kritis dapat dilakukan yaitu        
       membaca dengan penilaian. Coba Anda jelaskan apa maksud dari pernyataan itu!
8.    Coba jelaskan bagaimana cara membaca dengan menganalisis?
9.    Membaca kritis mengharuskan pembaca terbuka dengan pendapat orang lain. Coba Anda        
       jelaskan apa maksud dari pernyataan itu!
10.   Kenapa peristiwa-peristiwa dalam koran bisa dijadikan bahan membaca kritis. Coba          jelaskan
11.    Apa yang membedakan membaca pemahaman dengan membaca kritis?

0 komentar:

Post a Comment