Pengertian Sejarah

Posted by Pengertian Monday, January 30, 2012 0 komentar
Pengertian Sejarah

Baverley Southgate (1996), menjelaskan bahwa Sejarah adalah “studi tentang peristiwa di masa lampau.”Dengan demikian,sejarah merupakan peristiwa faktual di masa lampau,bukan kisah fiktif apalagi rekayasa. Sejarah menurut Baverley Southgate merupakan pemahaman paling sederhana. Pengertian sejarah bagi  Baverley Southgate menghendaki pemahaman obyektif terhadap fakta-fakta historis. Metode penulisannya menggunakan narasi historis dan tidak dibenarkan secara analitis (analisis sejarah).

Sejarah menurut Moh. Yamin,  merupakan suatu ilmu pengetahuan yang umumnya berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat pada waktu yang telah lampau, atau tanda-tanda yang lain.

Dijabarkan juga oleh Bertens (1995), bahwa sejarah sebagai kisah, yang dicatat atau sejarah yang tersurat. Pengertian sejarah sebagai kisah mengembangkan pengertian atau konsep sejarah sebagai ilmu. Ialah ilmu sejarah.

Sedangkan Georg Wilhelm Friedrich Hegel, Mengatakan bahwa Sejarah adalah: “Inilah yang diajarkan oleh sejarah dan pengalaman: bahwa manusia dan pemerintahan tidak pernah belajar apa pun dari sejarah atau prinsip-prinsip yang didapat darinya.” Kalimat ini diulang kembali oleh negarawan dari Inggris Raya, Winston Churchill, katanya: “Satu-satunya hal yang kita pelajari dari sejarah adalah bahwa kita tidak benar-benar belajar darinya.”

Francis Bacon mengemukakan bahwa Sejarah merupakan sebagai pengetahuan atau ilmu yang bersifat individual, untuk membedakan dengan philosophia (filsafat) yang berbicara mengenai hal-hal yang bersifat umum. Francis Bacon membedakan antara historia naturalis (sejarah alam) yang mempelajari data-data alamiah (tumbuh-tumbuhan dan binatang) dengan historisa civilis (sejarah masyarakat) yang berbicara mengenai masyarakat dan Negara.

Sejarah adalah riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi atau riwayat asal usul keturunan (terutama untuk raja-raja yang memerintah). Umumnya sejarah dikenal sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau. Sebagai cabang ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah berarti mempelajari dan menerjemahkan informasi dari catatan-catatan yang dibuat oleh orang perorang, keluarga, dan komunitas (id.Wikipedia.org)

Beberapa pengertian sejarah ini, diambi dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan sekalian, jika ada kesalahan, Kami sabagai pengelola blog Definisi ini minta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment