Pengertian Saham

Posted by Pengertian Monday, January 30, 2012 0 komentar
Pengertian Saham
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Saham adalah 1).bagian; andil; sero (tentang permodalan) (nomina). 2).ki sumbangan (pikiran dan tenaga) (nomina). 3). Ek surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yg memberi hak atas dividen dan lain-lain menurut besar kecilnya modal yg disetor; (nomina). 4).Hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehinga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan; (nomina).

Mishkin (2001, 4) menjelaskan bahwa Saham adalah suatu sekuritas yang memiliki klaim terhadap pendapatan dan asset sebuah perusahaan. Sekuritas sendiri dapat diartikan sebagai klaim atas pendapatan masa depan seorang peminjam yang dijual oleh peminjam kepada yang meminjamkan, sering juga disebut instrumen keuangan.

Darmadji dan Fakhruddin, (2001: 5) menjabarkan Pengertian Saham sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut

Saham, menurut Bernstein (1995, 197), adalah  selembar kertas yang menyatakan kepemilikan dari sebagian perusahaaan.

Gitman (2001) mengemukakan bahwa saham adalah bentuk paling murni dan sederhana dari kepemilikan perusahaan.

Saham merupakan surat tanda kepemilikan terhadap sebuah perusahaan. Saham ditransaksikan di sebuah bursa efek. Sebuah perusahaan go public dengan menerbitkan saham melalui proses IPO (Initial Public Offering). Dengan menerbitkan saham, yang berarti menjual sebagian kepemilikan perusahaan kepada publik, perusahaan mendapatkan dana segar yang dapat digunakan untuk tujuan ekspansi, operasional, atau yang lainnya. Dengan menerbitkan saham, nilai sebuah perusahaan menjadi lebih mudah untuk di ukur.

0 komentar:

Post a Comment