Pengertian Puasa

Posted by Pengertian Monday, November 7, 2011 0 komentar
Pengertian Puasa

Dalam agama Islam  Ṣaum Atau puasa artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan kepada ALLAH SWT.

Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Terdapat puasa wajib dan puasa sunnah, namun tata caranya tetap sama.

Perintah berpuasa dari ALLAH terdapat dalam Al-Quran di surat Al-Baqarah ayat 183.

        "Yaa ayyuhaladziina aamanuu kutiba alaikumus siyaamu kamaa kutiba 'alalladziina min qablikum la allakum tataquun"

    “ Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."

Puasa merupakan menahan keinginan hawa nafsu, menjalankan keinginan keinginan ALLAH yang terkandung di dalam AlQuran. sehingga lebih optimal lagi dalam menjalankan ibadah.

Puasa juga dapat diartikan  menjaga dari pekerjaan-pekerjaan yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan bersenggama pada sepanjang hari tersebut (sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa diwajibkan atas seorang muslim yang baligh, berakal, bersih dari haidl dan nifas, disertai niat ikhlas semata-mata karena Allah ta'aala.

Pengertian puasa di atas diambil dari berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat, Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment