Pengertian Obligasi

Posted by Pengertian Monday, November 7, 2011 0 komentar
Pengertian Obligasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa, Obligasi merupakan suatu istilah yang dipergunakan dalam dunia keuangan  yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya  kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran.

Obligasi secara ringkasnya adalah merupakan utang tetapi dalam bentuk sekuriti.

Obligasi juga dapat diartikan  sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan, yang menyatakan bahwa investor tersebut/pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan. Untuk obligasi non syariah, perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Sedangkan situs organisasi.org, menjelaskan bahwa Obligasi adalah hutang / utang jangka panjang secara tertulis dalam kontrak surat obligasi yang dilakukan oleh pihak berhutang yang wajib membayar hutangnya disertai bunga (penerbit obligasi) dan pihak yang menerima pembayaran atau piutang yang dimilikinya beserta bunga (pemegang obligasi) yang pada umumnya tanpa menjaminkan suatu aktiva. Obligasi ketika pertama kali dijual dijual dengan nilai par value.

Pengertian Obligasi ini diambil dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan sekalian, Terimakasih Banyak.

0 komentar:

Post a Comment