Pengertian Manajemen

Posted by Pengertian Monday, October 10, 2011 0 komentar
Pengertian Manajemen

James A.F. Stoner, menjelaskan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manajemen menurut Koonentz & Donnel,  Pengertian Manajemen lebih Menitikberatkan pada pemenfaatan orang-orang dalam mencapai tujuan atau Agar tujuan dapat dicapai orang-orang tersebut harus mempunyai tugas, tanggung jawab dn wewenang yang jelas.

Dijabarkan juga oleh R. Terry, bahwa Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

Sedangkan Millet (1954) mengatakan bahwa manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

Situs wikipedia bahasa Indonesia mengemukakan bahwa: Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Ricky W. Griffin misalnya mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Manajemen adalah:
Perencanaan (Planning); Mengorganisir (Organizing); Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing); Mengarahkan (Directing); Menyelaras/Mengkoordinir (Coordinating); Melaporkan (Reporting); Menyusun Anggaran (Budgeting). (Luther M. Gulick yang disadur oleh Dr. BN.Silalai)

Pengertian Manajemen ini diambil dari berbaga sumber, semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan sekalian. Terimakasih Banyak.

0 komentar:

Post a Comment