Pengertian Sistem

Posted by Pengertian Sunday, February 12, 2012 0 komentar
Pengertian Sistem
Secara etimologi kata Sistem berasal dari bahasa Yunani "Systema", yang artinya sehimpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu keseluruhan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sistem artinya perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas.

Zahara Idris (1987) mengemukakan bahwa sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen atau elemen-elemen atau unsur-unsur sebagai sumber-sumber yang mempunyai hubungan fungsional yang teratur, tidak sekadar acal, yang saling membantu untuk mencapai suatu hasil.

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1984/1985) setiap sistem mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a). Tujuan, b). Fungsi-fungsi, c). Komponen-komponen, d). Interaksi atau saling hubungan, e). Penggabungan yang menimbulkan jalinan perpaduan, f). Proses Tranformasi, g). Umpan balik atau koreksi, h). Daerah batasan dan lingkungan.

Istilah sistem dipakai untuk menunjuk beberapa pengertian, misalnya:
1).Dipakai untuk  adanya suatu himpunan bagian-bagian yang saling berkaitan secara alamiah maupun oleh budi daya manusia sehingga suatu kesatuan yang bulat dan terpadu. Contohnya sistem tata surya.
2).Sistem dapat menunjukkan adanya alat-alat atau organ tubuh secara keseluruhan yang secara khusus memberikan andil terhadap berfungsinya fungsi tubuh tertentu yang rumit namun amat vital. Misalnya sistem saraf.
3).Sistem dapat digunakan untuk menunjukkan suatu hipotesis atau uraian suatu teori. Misalnya pendidikan sistematis.
4).Sistem dapat dipakai untuk menunjukkan sehimpunan gagasan atau ide yang tersusun dan terorganisasi sehingga membentuk suatu kesatuan yang logis. Misalnya sistem pemerintahan demokrasi.
5).Sistem dapat digunakan untuk menunjukkan pada suatu cara atau metode. Misalnya sistem mengetik sepuluh jari, sistem belajar jarak jauh, sistem modul dalam pengajaran.

Referensi dari artikel Pengertian Sistem di atas adalah Buku "Dasar-dasar Kependidikan" oleh Drs. H. Fuad Ihsan, Penerbit: Rineka Cipta.

0 komentar:

Post a Comment