Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Wednesday, January 11, 2012
0
komentar
Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Nur dan Wikandari, (2000:25) menjelaskan bahwa Pembelajaran Kooperatif lebih mengacu pada metode pengajaran, siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar.
Menurut Eggen dan Kauchak (1993: 319), Pembelajaran Kooperatif sebagai sekumpulan strategi mengajar yang digunakan guru agar siswa saling -membantu dalam mempelajari sesuatu. Oleh karena itu belajar kooperatif ini juga dinamakan “belajar teman sebaya.”
Hal senada juga dikemukakan oleh (Ibrahim, dkk, 2000:7), bahwa Model Pembelajaran Kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidaktidaknya tiga tujuan penting pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial .
Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif:
1).Siswa dalam sebuah kelompok secara kooperatif menyelesaikan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang ingin dicapai.
2).Pembagian Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik yang memiliki kemampuan tinggi, sedang atau rendah. Pembagian Kelompok, jika memungkinkan, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender.
3). Adanya Penghargaan, dalam artian penghargaan dalam pembelajaran kooperatif lebih menekankan pada kelompok dari pada masing-masing individu.
Pengertian Pembelajaran Kooperatif ini semoga dapat bermanfaat, Terimakasih.
Nur dan Wikandari, (2000:25) menjelaskan bahwa Pembelajaran Kooperatif lebih mengacu pada metode pengajaran, siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar.
Menurut Eggen dan Kauchak (1993: 319), Pembelajaran Kooperatif sebagai sekumpulan strategi mengajar yang digunakan guru agar siswa saling -membantu dalam mempelajari sesuatu. Oleh karena itu belajar kooperatif ini juga dinamakan “belajar teman sebaya.”
Hal senada juga dikemukakan oleh (Ibrahim, dkk, 2000:7), bahwa Model Pembelajaran Kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidaktidaknya tiga tujuan penting pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial .
Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif:
1).Siswa dalam sebuah kelompok secara kooperatif menyelesaikan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang ingin dicapai.
2).Pembagian Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik yang memiliki kemampuan tinggi, sedang atau rendah. Pembagian Kelompok, jika memungkinkan, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender.
3). Adanya Penghargaan, dalam artian penghargaan dalam pembelajaran kooperatif lebih menekankan pada kelompok dari pada masing-masing individu.
Pengertian Pembelajaran Kooperatif ini semoga dapat bermanfaat, Terimakasih.
0 komentar:
Post a Comment