Pengertian Lembaga Sosial

Posted by Pengertian Wednesday, January 11, 2012 0 komentar
Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian lembaga sosial sebagai mana di kemukakan oleh John Lewis Gillin dan John Philip Gillin adalah sebagai berikut:

1).Suatu lembaga sosial merupakan suatu organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan dan hasilnya terdiri atas adat-istiadat, tata kelakuan, kebiasaan serta unsur-unsur kebudayaan yang secara langsung  atau tidak bergabung dalam suatu unit yang fungsional.

2).Hampir semua lembaga sosial mempunyai suatu tingkat kekekalan tertentu sehingga orang menganggapnya sebagai himpunan norma yang sudah sewajarnya harus dipertahankan. Suatu sistem kepercayaan dan aneka macam tindakan baru akan menjadi bagian lembaga sosial setelah melewati waktu yang sangat lama.

3).Suatu lembaga sosial mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu.

4).Lembaga sosial mempunyai alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan.

5).Suatu lembaga sosial biasanya juga memiliki lambang tertentu, yang secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsinya.

6).Suatu lembaga sosial memiliki suatu tradisi tertulis yang merupakan dasar bagi pranata yang bersangkutan dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan pakar sosiologi di atas kita dapat menarik kesimpulan , yaitu sebagai berikut:

A.Lembaga sosial adalah seperangkat ketentuan, aturan atau norma sosial yang sudah sedemikian mendalam (melembaga) sehingga keberadaannya disepakati dengan rasa tanggung jawab oleh seluruh anggota masyarakatnya.

B.Lembaga sosial mengatur berbagai pola kehidupan tertentu dalam masyarakat, misalnya dalam keluarga dan kekerabatan, dibidang keagamaan dan dibidang pendidikan, di bidang perekonomian di bidang politik dan pemerintahan, serta dibidang kesenian dan rekreasi.

Sumber: SOSIOLOGI SMA KELAS 1.

TAGS: Pengertian lembaga sosial, definisi lembaga sosial, lembaga sosial adalah, arti dari lembaga sosial, istilah lembaga sosial, lembaga sosial menurut para ahli.

0 komentar:

Post a Comment