Pengertian Gaya Bahasa Personifikasi

Posted by Pengertian Sunday, January 29, 2012 0 komentar
Pengertian Gaya Bahasa Personifikasi

Pengertian dari suatu gaya bahasa diungkapkan oleh Sujiman dalam bukunya Kamus Istilah Sastra yaitu suatu ungkapan yang mengungkapkan makna kiasan (Sujiman, 1986 : 48). Dengan melihat pengertian di atas jelaslah diungkapkan bahwa ungkapan yang disebut gaya bahasa ini yaitu semua jenis ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan segala sesuatu dengan makna kias.

Hartoko dan Rahmanto (1986 : 108), Sujiman (1986 : 35), Keraf (1981 : 125), Pradopo (1987 : 75) merumuskan pengertian gaya bahasa personifikasi ini sebagai majas kiasan yang memberikan sifat-sifat manusia pada benda-benda yang tak bernyawa. Di dalam penggunaan bahasa sastra baik drama, puisi, prosa dan karya-karya sastra yang lain serta syair-syair lagu gaya bahasa personifikasi ini mudah sekali dijumpai.

Sebetulnya selain hal-hal atau benda-benda yang tak bernyawa ini diberi sifat-sifat manusia, masih ada lagi benda-benda yang bernyawa selain manusia yang belum digolongkan ke salah satu gaya bahasa.

Pemakaian gaya bahasa seperti  burung di dalam sangkar itu menangis tanpa air mata belum dapat digolongkan ke dalam jenis gaya bahasa personifikasi atau jenis gaya bahasa yang lain. Kucing yang tertunduk di depan pintu itu merenungi nasibnya yang sial selama ini, serta banyak contoh yang sejenis belum dapat digolongkan ke dalam jenis gaya bahasa personifikasi, padahal bila diteliti lebih lanjut seharusnya termasuk ke dalam golongan gaya bahasa personifikasi.

Karena pengertian tentang gaya bahasa personifikasi ini yaitu suatu majas yang memberikan sifat manusia kepada benda-benda yang tak bernyawa, contoh-contoh pemakaian bahasa di atas tidak bisa digolongkan didalamnya, padahal akan lebih tepat bila contoh-contoh di atas lebih sesuai digolongkan ke dalam golongan gaya bahasa personifikasi. Hal-hal tersebut belum jelas dan tuntas dibicarakan sehingga bisa menimbulkan berbagai pendapat yang dapat membingungkan.

0 komentar:

Post a Comment