Pengertian Farmasi

Posted by Pengertian Thursday, November 17, 2011 0 komentar
Pengertian Farmasi

Secara bahasa, Farmasi dalam bahasa Yunani yaitu pharmacon, yang berarti obat, sedangakan dalam bahasa Inggris pharmacy yang juga berarti obat.

Menurut wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Farmasi merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.

Batasan farmasi menurut kamus adalah seni dan ilmu meracik dan menyerahkan atau membagikan obat, sedangkan farmasis adalah seseorang yang meracik dan menyerahkan atau membagikan obat. Dengan demikian, berarti bahwa kedua konsep farmasi dan farmasis adalah kongruen, yakni yang satu dapat diturunkan dari yang lainya.

Farmasi juga bisa diartikan seni atau praktek penyiapan, pengawetan, peracikan dan penyerahan obat  ( Webster’s New Collegiate Dictionary. SpringField, MA, G. & C. Merriam Co, 1987 ).

Pengertian Farmasi ini diambil dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan yang sedang mencari definisinya. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment