Pengertian Estuari

Posted by Pengertian Thursday, October 6, 2011 0 komentar
Pengertian Estuari

Estuari adalah jenis perairan yang memiliki variasi yang tinggi ditinjau dari faktor fisik, kimia, biologi, ekologi dan jenis habitat yang terbentuk di dalamnya. Oleh karena itu interaksi antara komponen fisik, kimia dan biologi yang membentuk suatu ekosistem sangat kompleks. Hal ini disebabkan karena dinamika dari estuari sangat besar, baik dalam skala waktu yang pendek karena adanya pasang surut maupun dalam skala waktu yang panjang karena adanya pergantian musim.

Sifat Kimia Ekosistem Estuari
Estuari didefinisikan sebagai perairan semi tertutup yang mempunyai hubungan bebas dengan laut, tempat dimana air tawar dari sungai dan air asin dari laut bertemu. Jadi estuari adalah bagian dari sistem sungai, biasanya sungai yang lebar, dipengaruhi oleh aksi pasang surut dan sifat dinamika dan fisik laut lainnya seperti arus, gelombang, salinitas dan lain-lain. Di estuari pasut sangat dominan pengaruhnya dibandingkan dengan arus yang ditimbulkan oleh angin atau gelombang. Sehingga perilaku estuari sangat tergantung pada aksi pasut dan aliran sungai, yang mana keduanya merupakan peubah yang bebas. Secara umum estuari dapat dibagi dalam dua jenis, yaitu:

1. Estuari positif adalah suatu estuari dimana air tawar yang masuk dari sangai dan hujan lebih banyak dibandingkan dengan penguapan, sehingga salinitas permukaan lebih rendah daripada laut terbuka. Kebanyakan estuari yang ada adalah estuari positif.

2. Estuari negatif yaitu penguapan lebih besar daripada aliran sungai dan hujan, karena itu akan terjadi keadaan “asin berlebih” atau hypersaline.

0 komentar:

Post a Comment