Pengertian Komputer

Posted by Pengertian Thursday, September 15, 2011 0 komentar
Pengertian Komputer

Dari wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.  Istilah computer sendiri pada mulanya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Robert H.Blissmer, dalam bukunya Computer Annual menjelaskan bahwa komputer merupakan  suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti  Menerima input, Memproses input tadi sesuai dengan programmnya, Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan Menyediakan output dalam bentuk informasi.

Komputer menurut  Sanders (1985), komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dijabarkan juga oleh William M. Fuori dalam buku Introduction to The Computer, The Tool of Business,  Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yg dapat melakukan perhitungan yg besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yg mengoperasikan selama pemrosesan ( di ambil dari American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta disetujui dalam suatu pertemuan International Organization For Standardization Tehnical Committee ).

Sedangkan Fuori, mengatakan bahwa komputer adalah bisa diartikan suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky, dalam bukunya Computer Organization, Pengertian Komputer dapat diartikan sebagai  mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Komputer adalah   salah satu Alat elektronik yang Dapat menerima input data serta mengolah data dan Dapat memberikan informasi, Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori, Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan dan dapat Bekerja secara otomatis.

0 komentar:

Post a Comment