Pengertian Kepemimpinan

Posted by Pengertian Friday, September 9, 2011 0 komentar
Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah “suatu proses yang kompleks dimana seseorang mempengaruhi orang-orang lain untuk menunaikan suatu misi, tugas, atau tujuan dan mengarahkan organisasi yang membuatnya lebih kohesif dan koheren." Mereka yang memegang jabatan sebagai pemimpin menerapkan seluruh atribut kepemimpinannya (keyakinan, nilai-nilai, etika, karakter, pengetahuan, dan ketrampilan).

Jadi seorang pemimpin berbeda dari majikan, dan berbeda dari manajer. Seorang pemimpin menjadikan orang-orang ingin mencapai tujuan dan sasaran yang tinggi, sedangkan seorang majikan menyuruh orang-orang untuk menunaikan suatu tugas atau mencapai tujuan. Seorang pemimpin melakukan hal-hal yang benar, sedangkan seorang manajer melakukan hal-hal dengan benar (Leaders do right things, managers do everything right).

Berikut ini beberapa Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli:
Hemphill & Coons, (1957:7) menjelaskan bahwa Kepemimpinan adalah perilaku seorang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama.

Dalam Janda, (1960: 358) menjabarkan bahwa Kepemimpinan ialah suatu jenis hubungan kekuasaan yang ditandai oleh persepsi anggota kelompok bahwa anggota kelompok yang lain mempunyai hak untuk merumuskan pola perilaku dari anggota yang pertama dalam hubungannya dengan kegiatan sebagai anggota kelompok.

Kepemimpinan, menurut Jacobs (1970: 232) adalah interaksi antar manusia dimana salah satunya menyajikan satu jenis informasi tertentu sedemikian rupa sehingga yang lain yakin bahwa hasilnya akan lebih baik jika ia berperilaku sesuai dengan cara-cara yang dianjurkan atau diharapkan .

Tannenbaum, Weschler & Massarik (1961:24) mengemukakan bahwa kepemimpinan merupakan pengaruh antar pribadi yang dilaksanakan dan diarah melalui proses komunikasi, kearah pencapaian tujuan atau tujuan-tujuan tertentu.

Stogdill, (1974: 411) mengungkapkan pengertian kepemimpinan sebagai pengawal dan pemeliharaan suatu struktur dalam harapan dan interaksi.

Katz & Kahn (1978: 528) menjelaskan bahwa Kepemimpinan adalah tambahan pengaruh yang lebih tinggi dan di atas mekanisme pencapaian dengan arahan rutin dari organisasi.

Roach & Behling (1984: 46) berpendapat bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas sebuah kelompok yang terorganisasi menuju pencapaian suatu tujuan.

0 komentar:

Post a Comment