Pengertian Hadits

Posted by Pengertian Saturday, July 23, 2011 0 komentar
Pengertian Hadits

Secara Harfiah Hadits merupakan  ism masdar, yang fi’il madhi dan mudhori’nya, hadatsa – yahdutsu. yang memilik 4 makna, yaitu:

1).Af’al (Perbuatan)
2).Akhbar/aqwal (Cerita atau perkataan atau kabar)
3).Jadid (baru)
4).Qorib (dekat)

Secara Istilah Pengertian Hadits atau Hadis adalah segala perkataan (aqwal), perbuatan (af’al) dan persetujuan (taqrir) dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama serta sifat dari rasulullah lahiriyah maupun bathiniyah.

Wikipedia: Hadits ejaan dalam  KBBI nya adalah Hadis merupakan perkataan dan perbuatan dari Nabi Muhammad. Hadits sebagai sumber hukum dalam agama Islam memiliki kedudukan kedua pada tingkatan sumber hukum di bawah Al-Qur'an.

Hadits hampir sama (murodif) dengan sunah, yang mana keduanya memiliki arti segala sesuatu yang berasal dari Rasul, baik setelah dingkat ataupun sebelumnya. Akan tetapi kalau kita memandang lafadz hadits secara umum adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw. setelah diangkat menjadi nabi, yang berupa ucapan, perbuatan, dan taqrir beliau. Oleh sebab itu, sunah lebih umum daripada hadits.

0 komentar:

Post a Comment