Pengertian Awan

Posted by Pengertian Wednesday, May 25, 2011 0 komentar
Pengertian Awan
Dari wikipedia Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Awan merupakan massa terlihat dari tetesan air atau beku kristal tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau lain planet tubuh. Awan juga terlihat massa tertarik oleh gravitasi, seperti massa materi dalam ruang yang disebut awan antar bintang dan nebula. Awan dipelajari dalam ilmu tentang awan atau awan fisika cabang meteorologi.

Situs scribd.com, mendefinisikan awan sebagai kumpulan tetesan air  atau kristal-kristal es di atmosfer yang terjadi karena uap air telah melampaui keadaan jenuh.

Awan juga dapat diartikan sebagai gumpalan uap air yang terapung di atmosfir. Ia kelihatan seperti asap berwarna putih atau kelabu di langit.

Susilo Prawirowardoyo, (1996), menjelaskan bahwa Awan adalah suatu kumpulan partikel air atau es tampak di atmosfer. Kumpulan partikel tersebut termasuk partikel yang lebih besar, juga partikel kering seperti terdapat pada asap atau debu, juga terdapat di dalam awan

Dari beberapa Pengertian Awan di atas, dapat disimpukan bahwa awan adalah kumpulan uap air di langit yang berasal dari penguapan bisa dari laut, danau, ataupun sungai. Kumpulan uap air ini pula yang dapat menyebabkan hujan. Sementara awan yang letaknya sangat tinggi, menyebabkan uap air menjadi beku dan jatuh ke bumi sebagai salju.

0 komentar:

Post a Comment