Pengertian Uang

Posted by Pengertian Thursday, August 12, 2010 0 komentar
Pengertian Uang

Uang pada ilmu ekonomi  tradisional diartikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Funggsi Uang sebagai alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

Pengertian Uang dalam Bahasa Inggris
Money is any object that is generally accepted as payment for goods and services and repayment of debts in a given country or socio-economic context.The main functions of money are distinguished as: a medium of exchange; a unit of account; a store of value; and, occasionally, a standard of deferred payment.

Money originated as commodity money, but nearly all contemporary money systems are based on fiat money.Fiat money is without intrinsic use value as a physical commodity, and derives its value by being declared by a government to be legal tender; that is, it must be accepted as a form of payment within the boundaries of the country, for "all debts, public and private".

The money supply of a country consists of currency (banknotes and coins) and demand deposits or 'bank money' (the balance held in checking accounts and savings accounts). These demand deposits usually account for a much larger part of the money supply than currency.Bank money is intangible and exists only in the form of various bank records. Despite being intangible, bank money still performs the basic functions of money, being generally accepted as a form of payment.

Semua Pengertian Uang di atas diambil dari situs wikipedia.org. Semoga dapat bermafaat buat rekan-rekan sekalian yang sedang mencari definisinya, terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment