Friday, July 1, 2011

Pengertian Efektivitas Pembelajaran

Pengertian Efektivitas Pembelajaran

Efektivitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasarannya. Sutikno (2005) mengemukakan bahwa pembel­ajaran efektif merupakan suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menye­nang­kan, dan dapat mencapai tujuan pem­belajaran sesuai dengan yang di­ha­rapkan.  Dengan demikian, pem­bel­ajaran dikatakan efektif apabila tujuan dari pembelajaran tersebut ter­capai.

Tujuan dalam pembelajaran matematika mencakup tujuan kognitif dan afektif.  Tujuan kognitif berupa kemampuan siswa dalam menguasai kon-sep matematika yang dapat dilihat dari nilai hasil tes yang diberikan, se­dang­­kan aspek afektif dilihat dari sikap dan aktivitas siswa saat pembel­ajaran berlangsung.

Lebih lanjut, Hamalik (2001: 171) menyatakan bahwa pembelajaran yang efek­tif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas seluas-luasnya kepada siswa untuk belajar.  Penye­diaan ke­sempatan belajar sendiri dan beraktivitas seluas-luasnya di­harapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep yang sedang di­pelajari.

Veithzal (1999) mengemukakan bahwa ”Efektivitas tidak hanya dilihat da­ri sisi produktivitas, tetapi juga dilihat dari sisi persepsi seseorang”. Demi­ki­an juga dalam pembelajaran, efektivitas bukan semata-mata dilihat dari ting­kat keberhasilan siswa dalam menguasai konsep yang ditunjukkan de­ngan nilai hasil belajar tetapi juga dilihat dari respon siswa terhadap pem­bel­ajaran yang telah diikuti.

Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa Pengertian Efektivitas Pembelajaran adalah ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antar siswa maupun an­tara siswa dengan guru dalam situasi edukatif untuk mencapai tu­juan pem­belajaran.  Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, respon siswa terhadap pembel­ajaran dan penguasaan konsep sis­wa.

Referensi: Gie, The Liang. 1985. Cara Belajar Yang Efisien. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment